By Munif Chatib

Nama panggilannya Alif, siswa kelas 12 SMA SCHOOL OF HUMAN (SOH). Pertama kali saya bertemu Alif agak kaget, maklumlah rambut dia punya 3 warna sekaligus, ungu, biru dan coklat. Mungkin sebagian sekolah akan menolak anak yang berpenampilan seperti itu. Tapi d SOH kita sepakat bahwa semua anak adalah bintang. Dan Alif membuktikan kalaa dia adalah bintang. Dia langsung bersedia ketika saya tawarkan untuk menjadi speaker bersama saya di acara besar yaitu GESS INDONESIA di Jakarta Convention Center (JCC) tanggal 19 September 2019, konferensi dan pameran penddikan internasional yang diadakan rutin setiap tahun di Jakarta.

Materi yang disodorkan dari panitia adalah HOW TO LEARN CORRECTLY. Mungkin banyak guru sudah tahu dari puluhan buku pendidikan bagaimana belajar yang keren. Tapi semua literatur itu adalah dari sudut pandang guru atau para ahli pendidikan, jarang sekali pendapat hal tersebut dilihat dari sudut pandang siswa. Padahal dalam proses belajar mengajar, pihak yang terpenting adalah siswa itu sendiri. Saya langsung datangi, berbicara dan bertanya kepada Alif tentang bagaimana dia memandang proses belajar yang keren itu. Dan saya dapatkan poin-poin penting ‘how lo learn correctly’ dari sudut pandang Alif. Saya minta dia menceritakan itu kepada ratusan peserta, yang kebanyakan adalah pendidik dan praktisi pendidikan pada acara GESS tersebut. Awalnya Alif agak gugup, maklumlah momen itu adalah kesempatan pertama dia berbicara di forum internasional. Namun akhirnya Alif  dengan santai dan ringan menjelaskan bagaimana belajar yang dia sukai itu.

Pertama, beri kesempatan siswa untuk bergerak, melakukan sesuatu. Jangan terus harus duduk dan mendengarkan guru ceramah. Saya ngantuk dan tertidur. Kedua, pelajarannya itu yang asyik dan menarik. Terkadang saya malas belajar karena menurut saya materinya tidak penting. Ketiga, sikap guru itu harus bisa akrab dengan semua siswanya. Tolong jangan ada jarak di antara kita. Itulah ‘how to learn correctly’ di mata siswa.

Jangan pandang remeh pendapat Alif di atas. Itulah rahasia proses belajar yang terbaik, di manapun dan kapanpun. Kesimpulan saya, belajar itu harus memenuhi tiga unsur yaitu  student-centered learning, interesting topics, and positive student-teacher relationship. Terima kasih Alif sudah memberi ilmu kepada kami semua tentang bagaimana para guru harus mengajar. Sukses terus untuk Alif.

 

shares