(Kang Bedur)

Hand Puppet, atau disebut juga boneka tangan merupakan alat peraga edukatif yang efektif dalam mendidik anak. Sebab boneka tangan bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan. Anak kecil maupun orang dewasa.

Manfaat bermain boneka tangan dalam pembelajaran yaitu tidak hanya menarik perhatian anak. Tetapi juga mampu menstimulasi kemampuan kerja otak. Dimana daya imajinasi dan gerakan menjadi satu kesatuan yang harmonis.

Bermain boneka tangan juga pastinya akan mengasah daya imajinasi anak. Misalnya ketika anak bermain boneka tangan berupa hewan, anak akan mempelajari karakter dari hewan tersebut. Seperti suara, makanan, ciri-ciri fisik, hingga gerakan.

Yang tak kalah pentingnya, bermain boneka tangan mengajarkan anak untuk biasa mendengar. Karena bermain boneka tangan akan secara bergantian melakukan dialog dengan teman yang lain. Begitu juga saat menyaksikan teman lain tampil, anak akan terbiasa fokus mendengarkan. Anak yang memberikan perhatian berupa mendengar akan membantu fokus dalam belajar.

Selanjutnya, ketika anak bermain boneka tangan mereka akan mengeluarkan ide-ide kreatif sesuai dengan karakter yang dibentuk.