“Wahai Tuhan Kami, Engkau tidak menciptakan semua ini sia-sia.”

Kalimat ini mungkin sudah tidak asing ditelinga kita khususnya bagi umat Muslim, karena kalimat ini bisa kita temukan di satu ayat pada surat didalam Al-Quran. Pada intinya Tuhan tidaklah menciptakan sesuatu dengan sia-sia, pastilah ada sesuatu yang bisa diambil dari ciptaannya tersebut.

Kita ambil contoh hewan kecil yang bernama nyamuk, secara umum nyamuk adalah lewan kecil yang menghisap darah manusia, mengganggu manusia dengan gigitan nya, bahkan tak jarang menyebabkan penyakit pada manusia. Tetapi tanpa kita sadari dari hewan kecil yang dianggap mengganggu manusia ini berapa banyak orang yang mendapatkan penghasilan dan menafkahi keluarganya lewat wasilah pekerjaan mereka di pabrik obat nyamuk.

Kalau hewan kecil seperti nyamuk saja diciptakan tidak sia-sia apalagi Manusia.

Ada diantara kita mungkin beranggapan seorang anak yang secara kasat mata memiliki kekurangan, keterbatasan bahkan ketidaksumparnaan secara fisik maupun mental, namun nyatanya banyak diantara kita yang tidak mampu merasakan bahwa mereka sesungguhnya memiliki manfaat untuk kedua orangtuanya ataupun untuk sekitarnya. Banyak kelebihan-kelebihan yang mereka miliki namun masih tertutupi. Disinilah tugas kita sebagai orangtua dan guru untuk memantik kelebihan-kelebihan mereka tersebut agar mereka mampu mengeksplor bakat dan kemampuan mereka sehingga menjadi manfaat untuk orang-orang disekeliling mereka.

Dan yang harus kita yakini bahwa tidak ada produk Tuhan yang gagal.
Wallahu a’lam bishowab.