About

About Our School
Get Involved
Background

What We Stand For

Siswa SMA masih bingung tentang bakat dan minatnya

STUDENTS OF SENIOR HIGH ARE STILL CONFUSED ABOUT THEIR INTERESTS AND TALENT

Siswa SMA ternyata masih banyak mengalami kebingungan tentang bakat-bakat yang dimilikinya. Ketika seorang siswa sudah mengetahui bakatnya, ternyata institusi sekolah tidak mendukung bakat itu. Bahkan sekolah menjauhkan bakat siswa-siswanya.

Sekolah juga banyak yang sepi dari ajang tantangan minat bagi siswa-siswanya untuk memilih dan memfokuskan diri terhadap kemampuan yang ingin dikuasai. Isi sekolah seperti paket mutlak yang harus diterima oleh semua siswanya tanpa ada kesempatan untuk memilih materi yang diminatinya. Kebanyakan sekolah tingkat SMA masih belum menjadi wadah pemantik bakat dan minat peserta didiknya.

Our Concerns

Siswa SMA masih bingung memilih jurusan di universitas dan profesinya

STUDENT OF SENIOR HIGH STILL CONFUSED TO CHOOSE THE DEPARTMENT IN UNIVERSITY AND THEIR FUTURE PROFESSION

Kenyataan membuktikan banyak siswa SMA masih kebingungan untuk memilh jurusan di universitas atau perguruan tinggi yang berujung ke profesinya. Padahal masa SMA pendek hanya 3 tahun. Bahkan banyak siswa yang memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman dan asal mencoba. Hal ini akan berdampak negatif ketika kuliah dan menjalani sebuah profesi. Tidak ada kenyamanan waktu belajar dalam setiap perkuliahan. Dan ketika menjalankan sebuah profesi juga tidak profesional karena tidak berlandaskan bakat dan minat. 

Materi SMA belum fokus kepada kebutuhan siswa

THE MATERIAL IN SENIOR HIGH IS NOT FOCUS ON THE STUDENTS NEED

Materi pelajaran pada jenjang SMA masih terlalu umum dan belum fokus kepada kebutuhan peserta didiknya. Bahkan lebih banyak materi yang tidak penting. Sebaliknya, materi yang berkaitan dengan bakat dan minatnya malah tidak diajarkan. Hal inilah yang menjadikan sekolah SMA kurang kontekstual. Sekolah jarang memberi kesempatan kepada siswanya untuk menampung kebutuhannya dan meraciknya menjadi materi sebagai pemenuhan kebutuhan siswa. 

Materi dasar penting yang hilang

THE MOST IMPORTANT BASIC MATERIAL WHICH IS LOST

Materi pelajaran jenjang SMA sangat berat dan masih belum merupakan kebutuhan peserta didiknya. Sebaliknya materi dasar yang sangat penting untuk mewujudkan kualitas manusia unggul malah tidak pernah diajarkan. Materi dasar penting tersebut antara lain aplikasi character building, life skill, creativity, dan problem solving. Hal inilah yang menyebabkan kemampuan berpikir, daya cipta, daya saing dan sikap manusia Indonesia masih tertinggal 

VISI

SCHOOL OF HUMAN adalah sekolah yang menghargai setiap potensi manusia sebagai ciptaan Allah SWT yang terbaik dengan membantu peserta didiknya menemukan profesi yang profesional sesuai dengan bakat, minat dan pandangan dunianya sehingga siap menghadapi era globalisasi dengan menjunjung tinggi akhlakul karimah. 

MISI

  1. Sekolah menerapkan MIR (Multiple Intelligences Research) untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan majemuk dan gaya belajar siswa.
  2. Sekolah mempunyai PROGRAM INTI, yaitu mata pelajaran WAJIB sebagai KEBUTUHAN UTAMA perserta didiknya yaitu CCSP (Character – Creativity – Skill – Problem solving)
  3. Sekolah mempunyai PROGRAM PENGHELA, yaitu mata pelajaran yang bertujuan sebagai PENGHELA peserta didik, yaitu AGAMA, BAHASA , LOGIKA, WIRAUSAHA.
  4. Sekolah mempunyai PROGRAM AKADEMIS, yaitu memberikan pilihan mata pelajaran AKADEMIS kepada peserta didiknya sesuai bakat dan minatnya.
  5. Sekolah mempunyai PROGRAM EKSKUL yang memfasilitasi bakat dan minat siswanya melalui bidang olah raga formal, permainan rakyat, seni, olimpiade dan jurnalis.
  6. Sekolah yang menerapkan pendekatan PROJECT BASE LEARNING dengan tujuan setiap pembelajaran akan menghasilkan KARYA, PROYEK, PENEMUAN BARU dan PROBLEM SOLVING.
 

 

A Message From

Our Director

School Of Human adalah sekolahnya manusia, sekolah yang menginginkan semua siswanya kembali menjadi hakekat manusia yang sesungguhnya. Maklumlah zaman ini sudah banyak manusia menjadi robot-robot bernyawa namun tak punya kepedulian pada sesama dan alam raya. Sekolah ini membantu semua siswanya menggali seluruh potensi diri. Kami menamakannya ‘passion’, yaitu senyawa antara bakat dan minat. School Of Human siap menjadi ‘the agent of change’ untuk setiap diri siswa-siswanya. Sebab kami percaya semua anak adalah bintang.

SISWA

EXTRAKULIKULER

STAFF PENGAJAR

TAHUN BERDIRI

Get In Touch

School Of Human
Jalan Mendut No.126 Kranggan Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat
0877 7799 7677
0811 9777 279
schoolofhuman.hrd@gmail.com