SCHOOL OF HUMAN — Kualitas pendidikan adalah fondasi penting dalam menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.
Di SMP-SMA School of Human, upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan melalui program Quality Assurance yang berfokus pada pengembangan keterampilan guru dan penerapan teknologi terkini.
Salah satu inisiatif terbaru yakni pelatihan Modifikasi Game Digital dan Boardgame yang diadakan Ludenara pada 28 September 2024.
Pelatihan ini menjadi bagian dari komitmen sekolah untuk mendukung diferensiasi proses pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam pendidikan sangat penting. Pelatihan yang dilakukan di SMP-SMA School of Human melibatkan kepala sekolah dan sembilan guru, yang semuanya memiliki pengalaman dalam menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Quizizz dan Kahoot.
Namun, untuk menghadapi dinamika belajar yang terus berubah, perlu adanya variasi metode dan media yang digunakan.
Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan para guru pada pendekatan baru dalam pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik melalui modifikasi game.
Flippity, sebagai alat yang digunakan dalam pelatihan ini, memungkinkan para guru untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan mendidik.
Dengan menggunakan Flippity, guru dapat membuat berbagai jenis game dan kuis yang dapat disesuaikan dengan materi ajar, sehingga siswa lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar. Ini adalah langkah strategis untuk memperluas wawasan guru dalam menggunakan teknologi yang mendukung pembelajaran aktif.
Diferensiasi Proses Pembelajaran
Salah satu fokus utama dalam pelatihan ini adalah diferensiasi proses pembelajaran. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda, dan penting bagi guru untuk memahami serta menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Dengan memanfaatkan game digital dan boardgame, para guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan relevan bagi siswa.
Kepala SMP School of Human menekankan pentingnya pelatihan ini sebagai sarana untuk menambah ilmu dan komitmen bersama dalam menerapkan prinsip pembelajaran sepanjang hayat (long life learning).
Dalam konteks ini, pelatihan tidak hanya menjadi kegiatan satu kali, tetapi merupakan bagian dari proses berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pengajaran.
Meningkatkan Engagement Siswa
Game sebagai alat pembelajaran memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa. Dengan modifikasi game digital dan boardgame, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Ini dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, yang pada gilirannya dapat berdampak positif pada hasil belajar mereka.
Implementasi dari pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, di mana siswa merasa lebih nyaman untuk bertanya dan berdiskusi. Ketika siswa terlibat aktif, mereka cenderung lebih mudah memahami materi pelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
SMP-SMA School Of Human berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam metode pembelajaran. Pelatihan Modifikasi Game Digital dan Boardgame adalah salah satu langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pengajaran.
Dengan adanya dukungan dari pihak manajemen sekolah, guru didorong untuk terus menggali potensi diri dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Melalui program Quality Assurance, SMP-SMA School of Human tidak hanya berfokus pada hasil belajar siswa, tetapi juga pada pengembangan profesionalisme guru.
Dengan demikian, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang dinamis dan inspiratif, di mana setiap individu—baik guru maupun siswa—dapat berkembang secara maksimal.
Pelatihan Modifikasi Game Digital dan Boardgame di SMP-SMA School of Human merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan memanfaatkan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif, sekolah ini berkomitmen untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik.
Melalui pelatihan ini, guru tidak hanya mendapatkan keterampilan baru, tetapi juga memperkuat komitmen mereka terhadap pembelajaran sepanjang hayat, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa depan.
Penulis : Epong Utami (Kepala SMP School of Human dan Certified Trainer of ROOTS)
Sumber Asli : DISINI