Di era pendidikan yang semakin kompleks ini, kolaborasi antara orang tua, pihak sekolah, dan siswa menjadi sangat krusial dalam memaksimalkan potensi akademik dan perkembangan pribadi siswa.
SMP-SMA School of Human telah menggarisbawahi pentingnya membangun segitiga hebat ini sebagai kunci sukses dalam proses pendidikan.
Dengan menempatkan fokus pada kerja sama yang solid, sejak pendaftaran hingga aktivitas sehari-hari di sekolah, School of Human berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan siswa secara holistik.
Kesepakatan Awal: Fondasi yang Kuat
Proses kerja sama dimulai sejak awal pendaftaran siswa/i. Sekolah tidak menerapkan seleksi pada seleksi akademik, pada awal pendaftaran proses dilakukan dengan cara melakukan observasi awal untuk mengetahui siswa terdapat hambatan atau tidak, baik dari segi kognitif, sosial, emosi, maupun klinis seperti autism, cerebal palsy, dan lain sebagainya.
Hasil observasi berlanjut dengan memastikan siswa masuk dalam program reguler atau berkebutuhan khusus lalu dilakukan proses pembelian formulir dan berlanjut wawancara untuk memastikan bahwa orang tua dan siswa memahami nilai-nilai, visi, dan misi sekolah.
Kesepakatan awal ini melibatkan penjelasan mendetail mengenai kurikulum, aturan, program, dan ekspektasi sekolah. Hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memastikan bahwa semua pihak memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pendidikan yang hendak dicapai.
Kolaborasi Aktif Selama Proses Pembelajaran
Setelah siswa/i resmi terdaftar, kolaborasi antara orang tua dan sekolah terus berlanjut. Pihak sekolah mendorong komunikasi yang terbuka antara orang tua dan guru.
Dengan adanya akses komunikasi kepada pihak sekolah dan dilakukan masa observasi berjalan 3-6 bulan untuk mengetahui hal yang sudah berkembang maupun hambatan yang terjadi kemudian laporan perkembangan akademik serta emosional siswa disampaikan kepada orang tua agar dapat lebih memahami kebutuhan anak mereka dan bagaimana mereka dapat mendukung proses belajar di rumah.
Guru di SMP-SMA School of Human juga memainkan peran penting dalam memberikan feedback yang konstruktif dan membantu orang tua mengatasi tantangan yang dihadapi anak-anak mereka.
Melalui grup WhatsApp ataupun Personal Chat dan dilakukan pertemuan tatap muka. Pertemuan ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai kemajuan akademik, prestasi, dan area yang memerlukan perbaikan dapat dipertukarkan secara efektif. Ini memungkinkan penyesuaian strategi pembelajaran yang tepat waktu, serta dukungan tambahan yang mungkin diperlukan oleh siswa.
Kegiatan Ekstrakurikuler: Mendorong Pertumbuhan Holistik
Selain proses pembelajaran di kelas, SMP-SMA School of Human juga menekankan pentingnya aktivitas di luar jam pelajaran.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan minat pribadi.
Orang tua berperan penting dalam mendukung partisipasi siswa dalam kegiatan ini. Partisipasi orang tua dalam acara-acara sekolah, seperti project expose ataupun pertunjukan yang dilakukan oleh siswa dapat memperkuat semangat siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri mereka.
Sekolah juga memberikan informasi yang jelas mengenai berbagai kegiatan yang tersedia baik itu bersifat akademik maupun non akademik yang tersedia dan bagaimana siswa dapat terlibat.
Melalui bimbingan dari guru dan dukungan dari orang tua, siswa dapat mengeksplorasi berbagai minat mereka dan menemukan bakat terpendam yang mungkin tidak muncul hanya dari pembelajaran di kelas.
Mengatasi Tantangan Bersama
Dalam perjalanan pendidikan, tantangan pasti akan muncul. Segitiga kolaboratif antara orang tua, sekolah, dan siswa sangat penting dalam mengatasi tantangan ini.
SMP-SMA School of Human memastikan bahwa setiap masalah yang dihadapi siswa dapat dipecahkan secara bersama-sama dengan pendekatan yang solutif.
Dengan komunikasi yang baik dan dukungan dari semua pihak, solusi yang efektif dan konstruktif dapat ditemukan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan yang mungkin mereka hadapi.
Pentingnya menciptakan segitiga hebat antara orang tua, pihak sekolah, dan siswa di SMP-SMA School of Human tidak bisa diremehkan.
Melalui kesepakatan awal, kolaborasi aktif selama proses pembelajaran, dukungan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan penanganan tantangan bersama, SMP -SMA School of Human berkomitmen untuk memaksimalkan potensi setiap siswa.
Dengan membangun hubungan yang kuat dan saling mendukung, SMP School of Human menciptakan lingkungan yang optimal untuk perkembangan akademik dan pribadi siswa, menjadikan mereka siap untuk menghadapi masa depan dengan percaya diri.
Penulis : Epong Utami (Kepala SMP School of Human dan Trainer Penerapan Strategi Multiple Intelegences)
Sumber Asli : DI SINI